Tuesday, May 14, 2013

DANA BOS KEMENTERIAN AGAMA

Dana BOS Kementerian Agama Cair Minggu Ini

Senin, 6 Mei 2013 20:59 WIB
SURYA Online, SURABAYA - Kabar gembira bagi seluruh madrasah di jatim. Dana bantuan operasional sekolah (BOS) yang ditunggu-tunggu empat bulan terakhir dipastikan cair minggu ini.

Kepastian ini disampaikan Kepala Kanwil Kementerian Agama Jatim Sudjak saat ditemui disela-sela sidak ujian nasional di Surabaya, Senin (6/5/2012).

Selain BOS, Tunjangan Prestasi Pendidik (TPP) bagi guru bersertifikasi juga akan cair dalam minggu ini.

Janji itu disampaikan pemerintah saat pertemuan Kanwil Kemenag se Indonesia di Jakarta 1 Mei 2013 lalu.

Pencairan itu dilakukan setelah DPR RI  melepas tanda bintang pada kedua anggaran tersebut sehingga anggaran tersebut kini telah sampai di kementerian keuangan. "Baik BOS maupun TPP guru dijanjikan cair minggu ini. Jadi tidak mungkin nyantol lagi," kata Sudjak.

Pencairan dana tersebut dipastikan tidak akan merata karena hingga kemarin BOS untuk Madrasah Aliyah (MA) belum disetujui DPR RI.
Hal itu dilakukan karena program BOS MA ini masih baru sehingga perlu ada kajian mendalam.

"Minggu depan kami akan menemui DPR untuk membahas BOS MA ini. Mudah-mudahan segera mendapat respon positif, sehingga anggaran juga bisa dicairkan segera," tegasnya.

Diakui Sudjak, akibat terlambatnya pencairan anggaran BOS ini, tak jarang madrasah baik MI maupun MTs yang terpaksa berhutang demi menutupi kebutuhan operasional sekolahnya.

Terpisah, Kabid Mapenda Kanwil Kemenag Jatim Madhfudh mengakui molornya pencairan BOS ini direaksi sejumlah madrasah dengan unjuk rasa. Hal itu beralasan karena dana ini sangat dibutuhkan mereka untuk operasional madrasah.

"Boleh saja madrasah melakukan demo, karena itu hak mereka. Namun, semua etika harus tetap dijaga,"katanya.

Diperkirakan jumlah dana BOS madrasah MI dan MTs  yang akan cair minggu ini sebesar  Rp 883 miliar.

Anggaran itu terbagi untuk MI sebesar Rp 493 miliar disiapkan bagi 850.623 siswa. Sedangkan untuk MTs, anggaran dialokasikan sebesar Rp 390 miliar disiapkan untuk 550.182 siswa.

Sementara  anggaran BOS MA yang pencairannya tertunda sebesar Rp 37 miliar. Anggaran tersebut rencananya akan dibagikan kepada 66.384 siswa MA se Jatim.

Sementara untuk anggaran TPP sebesar Rp 2 triliun yang akan dibagikan ke 87.000 guru, terdiri dari guru PNS dan non PNS. Calon penerima TPP tersebut juga sudah termasuk guru yang baru lulus sertifikasi tahun lalu.

No comments:

Post a Comment