Sunday, May 5, 2013

GURU MTs TIDAK AKAN DI GAJI

BOGOR–Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk puluhan sekolah Madrasah Tsanawiyah (MTsS) di Kabupaten Bogor, belum juga cair. Akibatnya, proses belajar mengajar yang berlangsung menjadi terhambat, karena sejumlah MTsS tak mampu menggaji guru.

“Dana BOS sudah lima bulan belum kami terima. Sekolah harus hutang sana-sini untuk menutupi dana operasional kegiatan belajar mengajar. Termasuk untuk dana ujian nasional, seperti dana makan guru lain yang menjadi pengawas di sekolah kami,” keluh Bendahara BOS MTsS Darul Fallah, Ahdati Warman kepada Radar Bogor, kemarin.

Senada, Kepala Yayasan MTsS Tarbiyatul Falah, Drs Saef M,mengaku belum menerima dana bantuan itu. Padahal, kata dia, beberapa gaji guru diambil dari dana tersebut. “Dana untuk kegiatan sekolah juga. Kalau dana BOS tidak turun juga, kami bingung untuk mencari dana tambahan,” tukasnya.

Kepala sekolah MTS Nurul Ummah Yudi, juga mengatakan hal yang sama. Dari tingkat RA, SD hingga MTS, belum ada yang mendapat dana BOS. Pihak sekolah pun mengaku tak mengetahui penyebabnya.

Humas Kemenag Kabupaten Bogor Ade Irawan mengakui adanya keterlambatan anggaran dana BOS. Itu, terangnya, lantaran anggaran Kementerian Agama yang masih tertahan di proses pencairan. “Anggarannya masih dibintangi oleh DPR. Dibanding tahun lalu, memang tahun ini telat. Kami dari departemen agama sangat paham dengan kondisi yang dialami sekolah MTS, karena akan kewalahan menanggulangi dana baik dari gaji, maupun anggaran untuk operasional sekolahnya. Mudah-mudahan awal Mei sudah bisa turun, sekarang masih dalam proses di DPRD.(cr11/c)

No comments:

Post a Comment